Kamis, 29 September 2016

10 Pantai Terbaik Untuk Bermain Surfing di Indonesia

Indonesia terkenal akan pantai-pantainya yang indah serta terdapat banyak spot-spot terbaik untuk melakukan olahraga surfing. Berikut adalah nama-nama 10 Pantai Terbaik Di Indonesia Untuk Olahraga Surfing. diantaranya adalah :

1. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Plengkung-beach-in-Banyuwangi-Favorite-Destinations-for-The-World-Surfer
Pantai Plengkung terletak 20 km dari desa Grajagan dan termasuk bagian dari taman nasional alas purwo Banyuwangi, Jawa Timur pantai yang dikenal di kalangan surfer sebagai G-Land atau pantai Grajangan ini memiliki ombak dengan ketinggian 6-8 meter sepanjang 2 km.
Ombak pantai plengkung juga mempunyai 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit akibat tekanan dari laut yang berasal dari kutub selatan tidak heran jika ombak di pantai ini disebut-sebut sebagai ombak terbaik ke dua setelah pantai di Hawaii dan memiliki panjang sekitar 175 km.
Berlokasi di Banyuwangi Jawa Timur bisa menggunakan kendaraan bermotor baik pribadi atau sewa ke Tegaldlimo waktu tempuh 2 jam.

2. Pantai Sorake, Pulau Nias di Sumatera Utara

surfing-pantai-sorake
Pantai Sorake dikenal sebagai salah satu pantai yang berhadapan langsung dengan samudera Indonesia Di kalangan peselancar internasional pulau Nias terkenal memiliki ombak yang begitu fantastis.
Gelombang ombaknya menggulung sempurna dengan ketingian mencapai 2-15 kaki, Pulau Nias terkenal di kalangan para surfer dunia karena memiliki spot surfing terbaik yang disebut “the point” dan “indikator”, dan keduanya tiada henti menampilkan rangkaian ombak yang luar biasa sepanjang tahun.
Pantai Sorake berlokasi di desa Botohillitano kecamatan teluk dalam, Kabupaten Nias selatan untuk perjalanan darat harus dari kota Medan dan kawasan Tapanuli Utara lalu di lanjutkan ke kota Sibolga.
lalu di lanjutkan oleh kapal Ferry selama 12 jam jalur udara bisa membeli tiket dari bandara Kualanamu Medan menuju bandara Binaka dipulau Nias, dari Sibolga menuju pelabuhan tepi kota Sitoli, melalui jam dan pantai ini banyak di kunjungi bulan Juni dan Juli.

3. Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali

surf-lmobok
Tidak perlu diragukan lagi, pesona pantai Bali selalu memikat siapa saja yang datang termasuk para peselancar dunia tempat yang paling digemari adalah Nusa Penida dan Nusa Lambongan.
Perairan di pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan menyelamnya di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan, Malibu point, bisa menikmati ombak laut dengan asik tanpa gangguan orang lain.
selain di Nusa Penida tempat yang memiliki gelombang ombak tinggi dan asyik dijadikan tempat surfing adalah Nusa Lembongan yang letaknya tidak jauh dari Nusa Penida.

4. Pantai Suluban, Uluwatu, Bali                                                                                    Pantai Suluban - Bodytext (3)

Ketinggian ombak di pantai Uluwatu atau pantai Suluban mencapai ketinggian sekitar 5-8 meter dan terkenal di kalangan para surfer dengan gelombang pendek dan kuat yang saling bersusulan dan hanya digunakan hanya untuk peselancar profesional.
Merupakan peringkat ke 3 spot surfing terbaik di dunia versi CNN travel.

5. Pantai Mentawai, Sumatera Barat

Surfing on Mentawai Island
Kepulauan Mentawai yang terletak di lepas pantai Padang provinsi Sumatera Barat diketahui memiliki 400 spot surfing dengan tingkat kesulitan yang berbeda.
49 titik spot surfing diantaranya merupakan favorite para peselancar asing yang salah satunya adalah spot surfing yang terletak di pulau Sipora kepulauan Mentawai.
Pulau Sipora yang termasuk dalam daftar 20 spot surfing terbaik di dunia versi CNN travel dan pulau Sipora ini pernah luluh lantak akibat terjangan tsunami yang terjadi pada tahun 2010.
Tetapi pulau Sipora bangkit dan mengukuhkan kembali posisi sebagai lokasi yang pantas di kunjungi para surfer pulau simakakang tuepejat. Perjalanan bisa ditempuh dari bandara international Minangkabau, kemudian menyewa kapal kecil.

6. Pulau Nihiwatu, Sumba Barat

surfing1
Pulau Nihiwatu terletak di Sumba Barat, kepulauan Nusa Tenggara disini terdapat keunikan budaya, paduan alam yang cantik, serta keramahan penduduk lokal dan pengelola tunggal.
Nihiwatu membatasi sehingga 10 orang surfer saja yang boleh mengendarai ombah Nihiwatu dalam satu hari.
Pantai Nihiwatu termasuk dalam 100 pantai terindah di dunia.
Perjalanan bisa ditempuh dari bandara international Ngurah Rai di Bali.

7. Pantai Tanjung Setia, Lampung Barat

Pantai Tanjung Setia
Pantai Tanjung Setia ini sudah dikenal oleh turis mancanegara tetapi belum oleh masyarakat lokal, ombak di pantai ini termasuk salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk olahraga air, ombak pantai ini termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia karena berhadapan langsung dengan samudera Hindia.
Ombak di pantai ini bisa mencapai tinggi 6-7 meter dengan panjang 200 meter.

8. Pantai Watu Karung, Pacitan Jawa Timur

555369_fe9f0100fc92d9885fd60178c3ff2a4a2
Pantai Watu Karung adalah nirwana di balik keindahannya pantai Watu Karung ternyata memiliki ombak yang luar biasa denga tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang baik surfer dengan gaya goofy style atau natural.
Pantai Watu Karung memiliki ombak kanan dan kiri dan di pantai ini terdapat angin offshore yang terjadi pada bulan April-Oktober.
lokasi berada di ujung barat daya provinsi jawa timur bisa 2 jalur yaitu via jalan pintas desa sedeng dan via jalan raya pacitan-solo.

9. Pantai Ombak Tujuh, Sukabumi Jawa Barat

ombak_tujuh
Ombak tujuh yang bisa membuat adrenalin menjadi meninggi bagi para peselancar dari mancanegara dan sangat menyukai keadaan ombak yang tinggi memanjang dan pecah di tepi pantai
Nama ombak Tujuh sendiri konon berasal dari ombak dipantai ini yang katanya selalu berjumlah tujuh saling berurutan satu dengan yang lainnya.

10. Pulau Timor

lb_rote_18_736531543
Pulau-pulau di Timor Barat memiliki beberapa gelombang terbaik di Indonesia, pulau-pulau timor barat dan Rote memiliki spot terkenal seperi, break point (seperti T-land).
Seorang goofle bisa melakukan snap berkali-kali, bisa melakukan nose rider atau bisa menikmati travel spirit on break.


0 komentar:

Posting Komentar