Minggu, 28 Agustus 2016

3 Tempat Surfing Terbaik di Indonesia

Sebagai Negara bahari, bukan rahasia lagi bahwa Indonesia adalah surga bagi para peselancar lokal maupun Internasional. Hal ini dapat dibuktikan dengan masuknya 3 pantai Indonesia dalam 20 besar pantai terbaik bagi peselancar di duni versi majalah surfing Magazine yang berbasis di Australia. 

Pulau Dewata sebagai magnet bagi para wisatwan mancan Negara menampilkan Pantai Uluwatu pada peringkat ke-4 sebagai tempat surfing terbaik di dunia serta Pantai Sibora pada peringkat ke-10 dan pantai Nihiwatu pada peringkat ke-17.

Berikut 3 PANTAI SURFING TERBAIK DI INDONESIA yang masuk pada daftar 20 besar Pantai Surfing terbaik di Dunia versi majalh Surfing Magazine.

1. Pantai Uluwatu, Kuta Bali



 Pantai Uluwatu, Kuta Bali

Uluwatu yang terletak di Pulau Bali, Indonesia memiliki pantai yang sangat indah dengan gelombang besarnya yang sangat disukai oleh parapeselancar kelas dunia. Dengan gelombangnya yang besar pantai ini masuk pada urutan ke-4 sebagai sport surfing terbaik di dunia setelah pantai Pipeline, Oahu, Hawai, USA, Pantai Supertubes, Jeffrey Bay Afrika Selatan dan Teahupo, Tahiti.

 Pantai Uluwatu, Kuta Bali

Telah banyak para peselancar kelas dunia datang ke pantai Uluwatu ini untuk mencoba menaklukan gelombang Samudra Pasifik di pantai yang sangat eksotis ini. 
 
Selain sebagi lokasi surfing kelas dunia, Pantai Uluwatu juga memiliki panorama alam yang sangat indah denga pasir putihnya yang lembut dapat menyaksikan matahari tenggelam dari atas terumbu karang atau dari bibir pantai. 
 
Pantai Uluwatu kira-kira hanya satu jam dari bandara Ngurah Rai Denpasar Bali, Anda dapat menggunaka jasa taksi, mobil atau motor sewaan, serta agen perjalanan untuk menuju ke Pantai Uluwatu. Jika menggunakan jasa agen perjalanan, kunjungan ke Pantai Uluwatu biasanya menjadi satu paket dengan obyek wisata lainnya di daerah Bali Selatan.

2. Pantai Sipora, Kepulauan Mentawai



Pantai Sipora, Kepulauan Mentawai

Pantai Sipora yang terletak di Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumatra Utara menjadi salah satu tempat spot surfing kelas dunia. Tempat ini juga masuk pada urutan ke-10 terbaik di dunia versi Surfing Magazine yang berbasis di Australia.

Pantai Sipora memeang sangat identik dengan pulau Surfing karena memiliki beberapa titik berselancar kelas dunia. Hollow Tress dan Lances's Left berada di bagian barat pulau seperti Telecopes, Iceland dan Scarcrows.

Hollow Tres yang biasa disebut HT atau Lance's Right memiliki ombak berbentuk silinder (dikenal denagn sebutan Right Tube) yang selama 10 terakhir sering muncul di majalah-majalah dan video-video selancar di dunia. 
 
Saat ombak jenis ini datang tidak terlalu besar. Tetapi akan ada 3 take of yang akan menantang para peselancar untuk melakukan manuver surfing. Saat ombak yang lebih besar datang, bagian atas ombak yang pecah akan terhubung dengan barrel secara terus menerus yang akan membuat para peselancar terkagum-kagum. Gelombang ini tidak dianjurkan untuk para peselancar pemula, karena tantangan ombak yang utuk mereka dengan keterampilan mumpuni dan ahli.
Pantai Sipora, Kepulauan Mentawai

Selain sebagai tempat tujuan peselancar kelas dunia, Pantai Sipora  juga menawarkan kondisi alam yang sangat indah dengan kondisi alam yang masih terjaga dan alami. Snorkling, diving atau bersantai di pinggir pantai sambil memandangi pemandangan alam yang indah dan desiran angin laut menjadikan Pantai Sipora sangat layak untuk Anda kunjungi.

Akses untuk menuju Kepulauan Mentawai masih mengandalkan kapal motor yang hanya sanggup beroperasi dua kali dalam seminggu, yaitu Minggu malam (Kapal Sumber Rezeki Baru) dan Kamis malam (Kapal Simasin). Perjalanan sekira satu hari, berarti kapal kembali ke Padang pada Selasa dan Jumat malam. Harga tikenya Rp105.000,- sampai Rp125.000,-. Tersedia kapal tambahan yang beroperasi pada Minggu pertama dan kedua setiap bulan. Kapal Ambu-Ambu berangkat pada Sabtu malam dari Muara Padang dan kembali dari Siberut ke Padang pada Minggu malam.

Apabila Anda memutuskan untuk berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau maka dapat menyewa pesawat kecil seperti Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau Sipora

3. Pantai Nihiwatu, Sumba   


Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu adalah sebuah pantai sepanjang 2,5 kilometer di Pulau Sumba masuk pada urutan ke-17 sebagai tempat surfing terbaik di dunia versi Surfing Magazine.

Pantai yang masih sepi dan alami ini menjadi tempat populer bagi para peselancar kelas dunia yang datang ke tempat ini untuk menaklukan gelombang besar yang juga sering disebut God's Left.  Untuk menjaga keselamatan para peselancar di pantai ini membatasi hanya 9 peselancar saja yang boleh surfing secara bersamaan.


Pantai Nihiwatu, Sumba

Selain sebagai tempat berselancar kelas dunia, Pantai Nihiwatu juga menawarkan beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan seperti Memancing, diving, snoorkling serta tur berperahu ke teluk-teluk  Pantai Konda Maloba yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan sebelah selatan Pantai Nihiwatu.

Waktu terbaik untuk melakukan surfing di Pantai Nihiwatu adalah antara bulan April sampai dengan bulan Desember setiap tahunnya.
 
Sekian dulu artikel dari saya lainkali kalau ada kesempatan saya kembali akan membuat artikel. terimakasih sudah membaca artikel saya diatas semoga menambah wawasan anda mengenai surfing. 
 

0 komentar:

Posting Komentar