Kamis, 25 Agustus 2016

Mengenal Bagian-bagian Papan Surfing

Mengenal beberapa bagian papan surfing sangat penting bagi peselancar. Jika peselancar memahami fungsi bagian-bagian dari papan, bisa memanfaatkan secara maksimal sebuah papan surfing. 
Pada sejarah awal surfing di Peru, papan selancar dibuat dari alang-alang yang bisa mengapung di air. Namanya Caballito de Totora.
Setelah itu berganti dengan bahan kayu yang ujung depannya agak bundar dengan ekor yang rata. Seiring berkembangnya zaman bentuk papan selancar kian beragam dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi. 
Saat ini papan surfing terbuat dari poliuretan atau polistiren busa ditutupi dengan lapisan fiberglas, kain dan poliester atau resin epoxy. 
Memang papan surfing memiliki beberapa jenis bentuk. Namun perbedaan ini tidak ikut menghilangkan bagian-bagian dari papan. Berikut ini bagian-bagian yang ada pada papan selancar, seperti dikutip olrh Djarum Super:
-Ekor (tail)
Bentuk ini jenisnya ada beberapa macam, termasuk nama-namanya. Ada pin tail, Swallow tail, Diamond tai, Wing tail, Baby swallow tail, Squash tail, Rounded tail, bat tail, dan lainnya. Tidak usah bingung bagi yang baru memulai surfing karena bagian ekor yang bentuknya ini tidak berpengaruh besar pada saat surfing. Dari berbagai macam bentuk trail, papan pin tali paling banyak dugunakan oleh para surfer.
-Tempat Pijakan
 Bagian atas tempat pijakan kaki surfer saat berdiri. Sebelum terjun ke laut, bagian ini harus diberikan lilin wax. Fungsinya agar papan kesat dan kaki dapat berdiri sempurna diatas papan.
-Ujung Deoan (Nose)
Bila ujung depan pada sebuah papan semakin runcing dan tipis, maka papan selancar akan semakin cepat meluncur. Namun pemakaian bentuk ujung depan seperti ini hanya diperuntukkan bagi surfer yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi.
Untuk pemula biasanya diberikan bentuk nose yang agak bulat atau tumpul. Bukan kecepatan yang dibutuhkan terlebih dahulu teteapi kestabilan untuk berdiri seimbang diatas papan yang diperlukan untuk pemula.
 
-Lesh Cup
Lubang belakang untuk memasang tali.
-Rail
Bagian pinggir dari papan selancar.
-Stringer
 Kayu yangmenjadi tulang tengah sebuah papan.
-Bottom
Bagian bawah papan surfing yang nantinya bakal menyentuh air.
-Fins
Sebagai pengatur gerak dan laju dari papan surfing. Bagian ini berupa sirip dan ditempatkan di belakang bawah papan.


Sekian dulu postingan dari saya lain kali kalau ada waktu saya akan memposting seputaran surfing lagi. semoga postingan say tadi bisa menambah wawasan anda mengenai surfing.

0 komentar:

Posting Komentar