Senin, 22 Agustus 2016

Teknik - teknik Surfing untuk Pemula

Tidak ada salah, jika surfing kian populer dilakukan orang-orang di segala penjuru dunia, karena olahraga ekstrim ini memberikan sensasi petualangan luar biasa. Dengan berdiri di atas papan selancar, surfer akan diajak meluncur berlomba dengan gulungan ombak yang mengejar tepat di belakang Surfer.
Namun sensasi itu perlu juga diimbangi dengan memperhatikan segala resiko selama bermain surfing. Ada prosedur standar yang harus di perhatikan, agar selama berkegiatan nanti berjalan aman dan lancar.
Hal yang mendasar sebelum menuju ke tengah laut untuk surfing, lakukan pemanasan lebih dulu. Sama seperti olahraga pada umumnya, fungsi pemanasan ini untuk melenturkan otot-otot tubuh.
Tidak ingin bukan, saat berada di tengah laut, tiba-tiba Anda mengalami kram. Bagaimana kesulitan yang kita hadapi saat kram di tengah laut sementara kita harus fokus pada keseimbangan diri berdiri di atas papan. lakukan pemanasan segera. Simak beberapa teknik surfing seperti dilansir Djarum Super :

1. Teknik Paddle
Teknik mendayung di atas papan selancar ini jika diperhatikan sepertinya mudah. Padahal, tidak semudah yang di bayangkan. Sebagian besar waktu Anda saat surfing nanti dihabiskan pada sesi ini, sehingga pendalaman teknik yang benar menjadikan Anda meminimalisir tenaga yang terbuang.
Selanjutnya teknik membaca ombak, ini memungkinkan Anda kapan mulai meluncur dan kapan menahan diri menunggu ombak lain datang.
Jenis ombak dalam surfing dibagi menjadi beberapa macam. Di antaranya adalah Mellow (ombak yang pelan), Hollow (ombak yang cepat), dan Barrel (ombak yang memembentuk sebuah lingkaran).
Ada peselancar yang menyukai Barrel karena menyusuri lorong air memberikan kesan mendalam yang sangat menyenangkan. Seperti berdiri di tempat paling berbahaya tapi kita masih bisa tertawa menikmati. Sementara surfer lain ada yang cenderung menyukai hollow, karena saat take off- nya enak tidak merepotkan
 
2. Take off
Inilah saatnya Anda segera berdiri di atas papan, dan meluncur dengan gelombang ombak sebagai pendorongnya. Untuk pemula, menjaga keseimbangan tubuh saat berdiri diatas papan perlu perjuanagn yang membutuhkan waktu.
Selama berdiri di atas papan, jangan sering melakukan gerakan. Hal ini akan mempengaruhi keseimbangan. Berdirilah dengan tenang dengan pandangan mengarah ke depan, dan jangan menunduk. 

3. Teknik Ridding
Tujuannya untuk mencari kecepatan yang diinginkan. Anda bisa bermanuver dengan papan untuk melakukan teknik ini. Untuk lebih menguasai keahlian ini diperlukan latihan terus menerus dengan belajar melalui sekolah surfing, orang yang berpengalaman maupu vediosurfing. 
Hal lainnya yang perlu diperhatikan dengan mengenali kondisi pantai yang menjadi tujuan surfing.Di beberapa lokasi pantai, terdapat karang yang menjorok ke permukaan. Hal ini tentunya sangat membahayakan buat para peselancar yang tidak berhati-hati. Tujuannya untuk mencari kecepatan yang diinginkan. Anda bisa bermanuver dengan papan untuk melakukan teknik ini. Untuk lebih menguasai keahlian ini diperlukan latihan terus menerus dengan belajar melalui sekolah surfing, orang yang berpengalaman maupun video surfing.
Hal lainnya yang perlu diperhatikan dengan mengenali kondisi pantai yang menjadi tujuan surfing. Di beberapa lokasi pantai, terdapat karang yang menjorok ke permukaan. Hal ini tentunya sangat membahayakan buat para peselancar yang tidak hati-hati.[]

0 komentar:

Posting Komentar