Rabu, 14 September 2016

7 Tips Surfing saat Mencoba Pertama Kali

Gals04_Grambeau_13

Berikut 7 Tips Surfing saat Mencoba Pertama Kali, yaitu :

1. Minta Bantuan Pelatih
Kalian selalu butuh bantuan saat pertama kali surfing. Tidak hanya untuk mengajarkan, tapi juga untuk menjaga Kalian, Kalian akan dibimbing saat pertama kali jatuh dari papan dan bagaimana cara kembali ke atas papan surfing. Pelatih juga bisa membantu Kalian saat sedang mengayuh. Biasanya, tempat penyewaan papan selancar juga menyediakan paket bersama pelatih. Jangan malu untuk bertanaya banyak hal kepada pelatih, karena memang itu tugas pelatih. 
2. Pilih Papan Yang Tebal dan Berujung Tumpul
Berbagai jenis papan selancar akan Kalian temukan di tempat penyewaan. Papan yang lancip, ringan dan kecil tentu menarik perhatian Kalian. Tapi jangan sekali-kali menggunakan papan tersebut karena papan itu hanya untuk peselancar yang sudah profesional saja. Bukan tanpa alasan, papan kecil memang lebih ringan, namun lebih mudah tenggelam. Gunakan papan yang tebal dan berujung tumpul. Papan jenis ini akan lebih kuat untuk menopang badan Kalian yang masih belum terbiasa dengan ombak dan papan.

3. Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan
Sebeum terjun ke air, Kalian diwajibkan untuk melakukan pemanasan. Jangan sampai kram menyerang  saat sedang berada di tengah laut. Selain membahayakan, hal ini juga bisa menggagalkan rencana surfing Kalian. Cukup melakukan pemanasan dari kepala sampai kaki, jangan terlalu berat. Jangan samapai Kalian sudah lelah sebelum sampai di tengah laut. 

4. Hindari Mendayung Terlalu Kuat
Kalian akan diajak mendayung dengan tangan untuk mencapai tempat yang tepat untuk menangkap ombak. Pada awalnya, mendayung melawan ombak memang kegiatan yang cukup menguras tenaga. Tapi tenang, ada triknya. Jangan mendayung saat ombak sedang menerpa Kalian, tunggu ombak berlalu dan Kalian bisa mengayuh lebih cepat pada saat ombak sudah lewat. Rapatkan jari-jari Kalian saat mendayung. Hal ini akan banyak membantu proses mendayung Kalian. Jari-jari yang rapat mampu mendorong lebih jauh dibanding denga jari-jari terbuka.

5. Gunakan Perut Atas Untuk Menahan Badan
Saat mendayung, Kalian otomatis akan tiduran diatas papan. Jangan rebahkan seluruh tubuh Kalian. Selain akan membuat lebih cepat lelah, merebahkan badan saat mendayung juga akan menyakiti dada dan lengan. Angkat dada dan tumpukan berat pada otot perut atas Kalian. Hal ini memudahkan Kalian saat mendayung dan menghindari sakit di daerah yang tidak perlu.

6. Sabar Menunggu Ombak Yang Tepat
Mendapatkan ombak baik adalah suatu keberuntungan. Oleh karena itu, Kalian harus sabar dalam menunggu. Setelah berkali-kali terlewat ombak, Kalian tentu membaca dan mengejar ombak yan tepat. Perhatikan gelombang dan bersiap saat gelombang akan datang. Jika tidak sempat jangan paksakan untuk mengejar, karena hanya membuat Kaliat tergulung ombak.

7. Berdirilah Tanpa Ragu-ragu
Bagi pemula, berdiri di atas papan adalah pencapaian yang luar biasa. Memang sulit dan membutuhkan perjuangan yang cukup keras. Saat Kalian sudah ada di atas ombak, berpegangan yang kuat pda kedua tepi papan, angkat badan, majukan satu kaki. Saat merasa sudah yakin, segera naikan kedua kaki, jangan ragu-ragu. Karena gerakan lambat akan membuat Kalian kehilangan keseimbangan.

sumber : google, blognews

0 komentar:

Posting Komentar