Rabu, 17 Agustus 2016

Tiga Ombak Terganas di Indonesia

Pada kesempatan Kali ini Saya ingin membahas akan Membahas hal 3 OMBAK TERGANAS DI INDONESIA

1. Pantai Tanjung Setia
 
Pantai yang terletak di sepanjang pantai barat Lampung ini belum banyak dikenal orang. Tempatnya terpencil dan berselimut hutan lebat di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Pantai ini juga tak sepopuler Pantai Kuta di Bali atau Pantai Senggigi di Lombok.
 
Namun siapa sangka di balik itu semua, ombak di pantai tanjung setia begitu memikat para peselancar dunia. Bahkan tak jarang ada yang mengatakan inilah salah satu surganya para peselancar karena ombaknya sejajar dengan yang ada di Hawaii. Peselancar mancanegara yang suka berkunjung ke Pantai ini berasal dari Portugal, Afrika Selatan, Australia, Amerika, Spanyol, Belanda dan Jepang. Di pantai ini juga sering diadakan kompetisi surfing internasional.
 
Pantai Tanjung Setia berjarak 273 km atau 7 jam perjalanan darat dari Kota Bandar Lampung. Pantai yang terletak di Desa Tanjung Setia, Kabupaten Lampung Barat ini berada tepat di jalur arus besar Samudera Hindia. Hal ini membuat pantai ini memiliki ombak yang konstan. Pantai ini paling baik dikunjungi saat bulan Juni-Agustus karena ombaknya sangat bagus. Pada bulan tersebut, ombak bisa setinggi 6-7 meter dan dengan panjang mencapai 200 meter.

Selain karakteristik ombak yang menantang, panorama alam di sekitar pantai juga menyajikan pemandangan yang menarik untuk dinikmati. Pohon palem yang tumbuh lebat dan hijau di sekitar pantai menghadirkan suasana alam yang menyegarkan. Selain itu, kondisi pasir yang halus, bersih, dan putih bak mutiara menjadikan pantai ini sangat cocok untuk tempat berjemu.

Pantai yang terletak di sebuah teluk kecil ini sering digunakan oleh turis-turis asing untuk tempat memancing karena di pantai ini kaya akan ikan laut mulai ikan Tuna sampai Blue Marlin, Ikan jenis ini memiliki berat hingga mencapai 50 – 70 kilogram dengan ukuran panjang 170 sentimeter. Disini juga sudah tersedia cottage yang alami yang bangunannya menyatu dengan alam.
Hasil gambar untuk ombak pantai tanjung setia 


2. Pantai Plengkung G-Land

Ingin berselancar? beberapa pantai di Indonesia terkenal dengan surganya para peselancar. Sebut saja pantai - pantai yang ada Bali, Ombak Bono di Sungai Kampar dan pantai lainnya. Namun selain nama-nama di samping ada sebuah pantai di kawasan Banyuwangi yang ombaknya tak kalah menantang.

Pantainya sudah terkenal di mata para peselancar mancanegara. Nama pantainya adalah Plengkung atau lebih terkenal dengan sebutan G-Land yang berada di di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Konon kabarnya G-Land ini memiliki ombak terbesar dan tertinggi kedua di dunia serta terpanjang di dunia. Dan menjadi salah satu yang terbaik dengan ombak setinggi 4-6 meter sepanjang 2 Km dalam formasi 7 gelombang bersusun.

Hasil gambar untuk ombak pantai G-land


3. Ombak Bono Riau

Ombak ini bukanlah ada di pantai seperti kebanyakan ombak lainnya, melainkan terdapat di sebuah sungai di Riau, tepatnya di Sungai Kampar. Walaupun di sungai, liarnya ombak tak kalah dengan yang ada di pantai. Tak heran, para penikmat ombak liar dari mancanegara sering datang ke tempat ini untuk berselancar.

Gelombang bono memiliki tinggi 4 hingga 6 meter dan membuat para surfer merasa tertantang. Selain tinggi, ombak ini juga panjang, sehingga membuat acara menyusur ombak terasa lebih seru bagi peselancar. Konon, hanya terdapat dua lokasi Bono di dunia yang tergolong besar, yakni di Brazil tepatnya di kuala Sungai Amazon dan lainnya di kuala Sungai Kampar, Pelalawan, Riau. Dan ombak Bono kuala Sungai Kampar disebut lebih besar dibandingkan ombak Bono di Sungai Amazon.
Hasil gambar untuk ombak pantai Bono riau 

Sekian informasi dari saya lain kali kalau ada kesempatan saya akan posting kembali yang lain mengenai surfing, terimakasih telah membaca artikel saya kali ini semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membaca artikel saya ini, sampai jumpa dan sampai ketemu kembali 

0 komentar:

Posting Komentar